TUGAS UJIAN PRAKTEK KELAS 9 A, B TA.2013-2014


I. Soal Materi Microsoft Word
A. Surat Undangan
PETUNJUK PENGERJAAN  :
1.     Ketiklah teks dibawah ini dengan menggunakan perintah Microsoft Word.
2.     Aligment Justified
3.     Jenis huruf                            : Times New Roman
4.     Ukuran huruf                            : 12
5.     Margin atas (Top)                     : 4 cm
6.     Margin kanan (Right)             : 3 cm
7.     Margin bawah (Bottom)         : 4 cm
8.     Margin kiri (Left)                      : 3 cm
9.     Spasi                                             : 1,5 lines
10.   Ukuran kertas                            : Legal
11.   Gunakan fasilitas Shapes untuk menyisipkan Line/Garis.
12.   Gunakan fasilitas Paragraf First line untuk membuat paragraph baru.
13.   Gunakan fasilitas Bullets and Numbering untuk memberikan penomoran atau simbol-simbol lain.
14.   Ketiklah naskah sesuai dengan format font  :  huruf tebalhuruf miring, danhuruf garis bawah sesuai teks naskah.
15.   Hasil ketikan Simpan dengan Filename Nama Lengkap peserta masing-masing serta kelasnya.
Contoh  : Filename = Muhammad Yani (Nama Siswa)_IXA


File yang sudah dibuat dan disimpan kemudian kalian kirimkan melalui e-mail dengan fasilitas Attachment. Untuk dapat melakukan Attachment file, langkahnya sbb  :
1.     Masuk di halaman Yahoo!Mail
2.     ketik Yahoo! ID dan juga Password kalian. Tekan Enter atau Klik Sign In.
3.     Klik New/Tulis
4.     Isilah To/Kepada  : Muhammad.yani58@yahoo.co.id,
5.     Subject/Judul  :  Ujian Praktek Ms Word.
6.     Pilih/Klik file yang akan di-Attachmentkan, kemudian klik Open.
7.     Setelah file yang akan di-Attachment dipilih, proses Attachment Files akan berlangsung, tunggu sampai proses selesai.
8.     Setelah proses Attachment Files selesai, kalian dapat klik Send untuk mengirim file yang kalian Attachmentkan ke alamat tujuan.
B. Surat Lamaran Pekerjaan
Petunjuk pengerjaan  :
1.     Ketiklah teks dibawah ini dengan menggunakan perintah Microsoft Word.
2.     Aligment Justified
3.     Jenis huruf                               :  Times New Roman
4.     Ukuran huruf                          :  12
5.     Margin atas (Top)                    :  4 cm
6.     Margin bawah (Bottom)         :  3 cm
7.     Margin kiri (left)                     :  4 cm
8.     Margin kanan (Right)              :  3 cm
9.     Spasi                                        :  1.5 lines
10.   Ukuran kertas                          :  Legal
11.   Gunakan fasilitas Paragraf First line untuk membuat paragraph baru.
12.   Gunakan fasilitas bullets and numbering untuk memberikan penomoran atau symbol.
13.   Ketiklah naskah sesuai dengan format font  :  huruf tebalhuruf miring danhuruf garis bawah sesuai teks naskah.
14.   Hasil ketikan Simpan dengan Filename Nama Lengkap peserta masing-masing pada folder sesuai kelasnya.
Contoh  :   Folder = Kelas IX A, Filename = Muhammad Yani_IX A



II. Soal Materi Microsoft Excel
A. Fungsi Logika IF
PETUNJUK PENGERJAAN
1.     Ketiklah tabel di bawah ini dengan menggunakan perintah Microsoft Excel.
2.     Ketik kolom No dengan data urut.
3.     Isikan kolom Jabatan dengan Fungsi Logika jika kode A maka Direktur, kode B maka Staff Administrasi, kode C maka Staff Operator.Fungsi Logikanya =IF((B7=”A”),”Direktur”,IF(B7=”B”,”Administrasi”,IF(B7=”C”,”Operator”)))
4.     Isikan kolom Gaji dengan Fungsi Logika jika kode A maka 1.500.000, kode B maka 1.000.000, kode C maka 850.000. Fungsi Logikanya =IF((B7=”A”),”1500000″,IF(B7=”B”,”1000000″,IF(B7=”C”,”850000″)))
5.     Isikan kolom Tunjangan dengan Fungsi Logika jika kode A maka 20% dari gaji, kode B maka 10% dari gaji, kode C maka 5% dari gaji.
6.     Isikan kolom Astek dengan rumus 2,5% dari Gaji
7.     Isikan kolom Total dengan rumus (Gaji + Tunjangan) – Astek
8.     Hasil ketikan Simpan dengan Filename Nama Lengkap peserta masing-masing serta kelasnya.
Contoh  : Filename = Muhammad Yani_IX A
KETENTUAN  :
Jabatan
Jika  kode A maka Direktur
kode B maka Staff Administrasi
kode C maka Staff Operator
Gaji
Jika  kode A maka 1.500.000
kode B maka 1.000.000
kode C maka 850.000
Tunjangan
Jika  kode A maka 20% dari gaji
kode B maka 10% dari gaji
kode C maka 5% dari gaji
Astek
2,5% dari gaji
Total
(Gaji + Tunjangan) – Astek


File yang sudah dibuat dan disimpan kemudian kalian kirimkan melalui e-mail dengan fasilitas Attachment. Untuk `dapat melakukan Attachment file, langkahnya sbb  :
1.     Masuk di halaman Yahoo!Mail
2.     ketik Yahoo! ID dan juga Password kalian. Tekan Enter atau Klik Sign In
3.     Klik New/Tulis
4.     Isilah To/Kepada  : Muhammad.yani58@yahoo.co.id, Subject/Judul  :  Ujian Praktek Ms Excel.
5.     Pilih/Klik file yang akan di-Attachmentkan, kemudian klik Open.
6.     Setelah file yang akan di-Attachment dipilih, proses Attachment Files akan berlangsung, tunggu sampai proses selesai.
7.     Setelah proses Attachment Files selesai, kalian dapat klik Send untuk mengirim file yang kalian Attachmentkan ke alamat tujuan.

B. Fungsi Statistik
Petunjuk pengerjaan  :
1.     Ketiklah teks dibawah ini dengan menggunakan perintah Microsoft Excel.
2.     Ketikan No dengan Data Urut.
3.     Isikan kolom Jumlah Nilai dengan Rumus (UTS+UAS+Praktik)/3.
4.     Isikan kolom Total Nilai Kelas dengan Fungsi SUM.
5.     Isikan kolom Rata-Rata Nilai Kelas dengan Fungsi Average.
6.     Isikan kolom Nilai Terendah dengan Fungsi Min.
7.     Isikan kolom Nilai tertinggi dengan Fungsi Max.
8.     Isikan kolom Jumlah data dengan Fungsi Count
9.     Hasil ketikan Simpan dengan Filename Nama Lengkap peserta masing-masing pada folder sesuai kelasnya.
Contoh  :   Folder = Kelas IX A, Filename = Muhammad Yani_IX A


File yang sudah dibuat dan disimpan kemudian kalian kirimkan melalui e-mail dengan fasilitas Attachment. Untuk dapat melakukan Attachment file, langkahnya sbb  :
1.     Masuk di halaman Yahoo!Mail
2.     ketik Yahoo! ID dan juga Password kalian. Tekan Enter atau Klik Sign In
3.     Klik New/Tulis
4.     Isilah To/Kepada  : Muhammad.yani58@yahoo.co.id, Subject/Judul  :  Ujian Praktek Ms Excel.
5.     Pilih/Klik file yang akan di-Attachmentkan, kemudian klik Open.
6.     Setelah file yang akan di-Attachment dipilih, proses Attachment Files akan berlangsung, tunggu sampai proses selesai.
7.     Setelah proses Attachment Files selesai, kalian dapat klik Send untuk mengirim file yang kalian Attachmentkan ke alamat tujuan.
III. Soal Materi Microsoft Power Point
PETUNJUK PENGERJAAN  :
1.     Kerjakan lembar kerja atau slide di bawah ini sesuai dengan urutan menggunakan Program Aplikasi PowerPoint
2.     Format background  dan model teks tulisan boleh difariasi
3.     Simpan lembar presentasi dengan nama file : PRESENTASI
IV. Soal Materi Internet
PETUNJUK PENGERJAAN :
1.     Aktifkan Internet browser (Web Browser) dengan Mozilla atau Internet Explorer.
2.     Masuk di halaman Yahoo! Mail : http://mail.yahoo.com (bhs Inggris) atauhttp://mail.yahoo.co.id (bhs Indonesia).
3.     Ketik Yahoo ID dan juga Passwordnya, kemudian sign in.
4.     Klik New/Tulis Pesan
5.     Isikan To/Kepada (alamat tujuan e-mail), subject/Judul (judul e-mail) dan isi e-mail yang akan dikirimkan.
Form yang wajib diisi adalah To/Kepada (Kepada siapa e-mail akan dikirimkan), Subject dan isi e-mail/pesan yang akan dikirimkan ke alamat tujuan.
To/Kepada                           :  Muhammad.yani58@yahoo.co.id.
Cc                                          :
Subject/Judul                      : UJIAN PRAKTEK TIK 
6.  Ketiklah teks dibawah ini, Tulis isi surat  :
7. Setelah selesai dan yakin sudah benar, maka klik Send/Kirim.
8.  Jangan lupa klik Sign Out untuk keluar email tersebut.


PENGUMUMAN
1.     Dikirim ke email guru tik paling lambat tanggal 7 Februari 2014
2.     Jam pengiriman email mulai pukul 14.00 s.d 17.00 wita. lewat dari jam yang ditentukan maka email akan dihapus dan dianggap belum mengirim tugas ujian praktek.
3.     Semua siswa wajib mengerjakan tugas dan bagi yang tidak mengerjakan tidak akan mendapatkan nilai ujian praktek untuk persyaratan kelulusan kls 9 (Sembilan).   JANGAN MENGIKUTI CONTOH FILE SEPERTI DIATAS , KALIAN HARUS MEMBUAT SENDIRI MENURUT PERSI MASING-MASING. YANG MENGIKUTI DIANGGAP TIDAK MENGERJAKAN TUGAS.
J


0 komentar:

Posting Komentar